Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Cara Mudah Buat Polling di Facebook

Saat ini banyak beragam polling atau jajak pendapat bermunculan di dunia maya, khususnya di jejaring sosial facebook. Umumnya polling ini dibuat tentang Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden, Pemilihan Kepala Daerah dan lain sebagainya.

Manfaat polling atau jajak pendapat ini sebenarnya sangat besar, kita jadi tahu apa yang diinginkan oleh masyarakat terkait dengan pilihannya. Kalau orang lain bisa membuat polling tentang pemilu, pilpres dan pemilukada, mengapa kita tidak memanfaatkan dan mencoba membuat polling sendiri tentang hal lain, misalkan tentang produk barang, makanan, tempat wisata, sekolah, hobby dan lain sebagainya.

Cara buat polling atau jajak pendapat di Facebook sebenarnya sangat mudah, tanpa harus mempergunakan aplikasi khusus yang biasanya dibuat oleh pihak ketiga, apalagi aplikasi ini terkadang suka membingungkan dan memakan waktu yang cukup lama.

Bagi teman-teman yang berminat ingin membuat Polling atau Jajak pendapat, namun tidak mau pusing-pusing pakai segala macam aplikasi dari pihak ketiga, mendingan kita pakai cara sederhana saja yang sebenarnya sudah disediakan oleh Facebook.

Kalau teman-teman tidak mau repot dengan segala macam aplikasi dari pihak ketiga, teman-teman bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Facebook. Bila Facebook anda disetting dalam bahasa Indonesia, Ask Question ini artinya ajukan pertanyaan yang terletak diatas kotak untuk menulis status baru.

Polling atau Jajak Pendapat ini bisa anda buat di wall dan grup maupun halaman yang anda buat di Facebook. Tetapi ingat, jangan buat Polling di wall teman anda, karena tidak etis dan terlihat membingungkan alias tidak tepat sasaran. Nantinya setelah anda membuat Polling di wall, group atau halaman anda, maka teman-teman anda sudah bisa melihat polling tersebut dan mereka dapat memberikan tanggapan serta memberikan jawaban.

Berikut ini cara membuat Polling di Facebook :

Pertama, teman-teman harus terlibih dahulu login ke akun Facebook anda, selanjutnya bila ingin Pollingnya tampil di halaman group maka masuk dulu ke halaman group tersebut.

Kedua, Klik Ask Question atau ajukan pertanyaan yang terletak diatas kotak untuk menulis status baru. Setelah ketemu, langsung isikan pertanyaan dengan judul polling atau jajak pendapat yang ingin dibuat, selanjutnya tinggal ketik opsi jawaban yang anda inginkan.

Ketiga, bila anda ingin memberi atau menghilangkan tanda centang pada : “ijinkan siapa saja untuk menambahkan opsi”, artinya kalau anda pilih berarti pengguna lain dapat menambahkan jawabannya sendiri. Untuk yang satu ini semua terserah teman-teman, apakah ingin memberi atau menghilangkan tanda centang.

Mudahkan cara buatnya, Oke......selamat mencoba yah, semoga bermanfaat buat kita semua.

Berita Lainnya :