Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Remaja Butuh Kegiatan Positif Diluar Rumah

Masa remaja adalah masa yang paling indah dan paling berkesan dalam hidup kita. Karena pada masa remaja inilah kita banyak mengalami berbagai permasalahan yang cukup komplek dan pelik. Apalagi dalam pertumbuhannya masa remaja banyak mengalami beberapa perkembangan yang nantinya akan membentuk kepribadian dalam dirinya atau mencari jati diri untuk membentuk karakter kepribadian.

Masa remaja sering juga disebut sebagai masa transisi seseorang dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Seringkali sifat kekanak-kanakan masih melekat pada dirinya dan pertimbangan kedewasaanpun belum sepenuhnya terbentuk secara matang.

Karena masa remaja dalam pertumbuhannya masih mencari jati diri untuk membentuk karakter kepribadiannya, maka kegiatan positif yang dilakukan oleh remaja tentunya akan berpengaruh sangat besar bagi perkembangan kehidupan di masa dewasanya nanti tanpa banyak terganggu oleh situasi pribadi yang tidak kondusif. Sehingga kegiatan positif yang dilakukan oleh remaja tentunya juga akan mendorong dan menghasilkan suatu generasi muda yang memiliki kualitas dan akhlak yang baik.

Karena itu diharapkan dalam mengisi waktu luangnya seorang remaja harus melakukan suatu hal yang bersipat positif dan bermanfaat sehingga perilaku yang positif ini tentunya akan menjadi dambaan para orangtua, masyarakat bangsa dan negara. Disamping itu perlu menjadi catatan bahwa masa remaja adalah masa penuh keingintahuan, sehingga banyak hal yang mereka lakukan hanya mencoba untuk menuntaskan rasa keingintahuannya itu. Namun, seringkali mereka salah mendapatkan informasi hanya karena mereka mendapatkan jawaban bukan dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Hal inilah yang harus menjadi perhatian semua pihak, baik orangtua, masyarakat maupun pemerintah.

Apalagi kegiatan positif remaja tidak hanya menjadi tanggung jawab orangtua saja tapi peran serta masyarakat dan pemerintah perlu dilibatkan bersama-sama mengingat perilaku remaja yang cenderung lebih banyak ingin menuntaskan rasa keinginantahuannya itu di luar rumah. Sebagai contoh misalkan pertumbuhan remaja yang pesat di kecamatan Sukmajaya Kota Depok dan peningkatan pengangguran, remaja putus sekolah, maka di tahun-tahun mendatang akan semakin banyak permasalahan kerawanan sosial yang pelaku dan korbannya adalah remaja.

Akan tetapi tidak semua remaja melakukan kenakalan, di sisi lain minat remaja di kecamatan sukmajaya pada bidang olahraga dan seni sangat besar, hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan ruang-ruang terbuka seperti taman, jalan raya dan tanah kosong untuk bermain karena pada lapangan sesungguhnya membutuhkan biaya persewaan yang mahal seperti graha, sasana, hall, gedung olahraga dan komplek olahraga.

Begitu juga apresiasi remaja terhadap seni dibuktikan dengan seringnya diadakan pagelaran pentas, festival terutama musik yang diadakan oleh sekolah, maupun lembaga/instansi. Karena itu untuk mengembangkan kegiatan positif remaja diluar rumah agar dapat menyalurkan bakat, minat dan dinamika remaja yang sedang berkembang maka perlu segera direalisasikan pembangunan gelanggang remaja di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok

Melalui sarana dan prasarana gelanggang remaja ini tentunya dapat tercipta suatu wadah agar aktualisasi remaja bisa berjalan dengan baik, dimana remaja dapat melakukan kegiatan positif yang bermanfaat di luar pendidikan formal. Diharapkan para remaja juga dapat berinteraksi sosial dengan sesamanya dan berekreasi secara positif serta terarah dalam lingkungan terpadu antara kegiatan edukatif dan rekreatif yang nyaman.

Berita Lainnya :