Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Posyandu Untuk Remaja

Pos pelayanan terpadu atau yang sering disebut posyandu selalu identik dengan pelayanan pada anak dibawah lima tahun (balita). Tetapi kini Posyandu juga bisa dilakukan pada kaum remaja atau yang lazim disebut posyandu remaja. Fungsi dari posyandu remaja adalah sebagai wadah atau pos kesehatan remaja yang memfasilitasi remaja dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber dan ditujukan kepada siswa dan remaja pada umumnya.

Dalam aktifitasnya, Posyandu remaja lebih mengedepankan pada pengembangan kegiatan yang bersifat dialog interaktif, Jika RW dan ibu-ibu PKK telah rutin mengadakan rapat berkala, maka keberadaan posyandu remaja nantinya bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk saling berkomunikasi melalui pertemuan rutin yang dilakukan di posyandu remaja, melalui pertemuan itu aspirasi maupun keinginan para remaja akan ditampung serta dicarikan penyelesaiannya.

Karena permasalahan utama yang sering dihadapi oleh remaja adalah adanya keterbukaan informasi. Walaupun banyak media yang bisa didapatkan para remaja untuk mendapatkan segala bentuk informasi seperti internet. Tentunya media informasi tersebut memiliki sisi positif maupun negatif. Maka keberadaan Posyandu Remaja memiliki peran aktif untuk menyaring serta mengarahkan remaja untuk memilih informasi apa yang berguna bagi dirinya serta mengarahkan remaja untuk bersosialisasi dan berinteraksi terhadap lingkungan sekitar mereka.

Berangkat dari keprihatinan terhadap masa depan penerus bangsa ini, seperti maraknya penggunaan narkoba oleh kalangan remaja, miras, tawuran pelajar, pergaulan bebas, perkosaan sampai pembunuhan yang bukan lagi termasuk kategori kenakalan remaja tetapi sudah menjurus pada kejahatan remaja. Maka keberadaan posyandu remaja ini sangat penting sebagai garis depan menjaga pertahanan remaja dari perilaku yang negatif itu. Posyandu remaja ini bisa dibentuk di tingkat RW sama seperti keberadaan posyandu balita.

Keberadaan posyandu remaja dan gelanggang remaja adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, keduanya mempunyai fungsi yang sangat positif bagi perkembangan masa depan remaja, bila posyandu remaja berada di lingkungan tempat tinggal, maka gelanggang remaja sipatnya lebih terbuka secara umum dilingkungan yang lebih luas. Terkait dengan gelanggang remaja, selengkapnya bisa dilihat disini : Kebutuhan Gelanggang Remaja di Kecamatan Sukmajaya

Semoga informasi ini berguna bagi kita semua yang peduli terhadap aktifitas remaja yang positif agar bisa menjadi dambaan orang tua, masyarakat, bangsa dan negara. Disamping itu perlu menjadi catatan bahwa masa remaja adalah masa penuh keingintahuan, sehingga banyak hal yang mereka lakukan hanya mencoba untuk menuntaskan rasa keingintahuannya itu. Namun, seringkali mereka salah mendapatkan informasi hanya karena mereka mendapatkan jawaban bukan dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Hal inilah yang harus menjadi perhatian semua pihak, baik orangtua, masyarakat maupun pemerintah.

Berita Lainnya :