Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Banyak Remaja di Kota Depok Tidak Hafal Pancasila

Remaja di Kota Depok sekarang ini banyak yang tidak hafal pancasila secara utuh padahal Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia dan sebagai warganegara Indonesia tentunya wajib memahami dasar negara itu. Ironisnya para remaja ini justru masih berstatus sebagai pelajar di sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas.

Bukti banyaknya remaja di Kota Depok yang tidak hafal Pancasila sebagai dasar negara, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok. Survei dilakukan dengan melibatkan responden sebanyak 100 siswa, hasil survei tercatat sebanyak 70 persen pelajar di Kota Depok ternyata tidak hafal dasar negara Indonesia Pancasila.

Melihat kenyataan ini, tentunya membuat kita semua prihatin. bagaimana mungkin remaja sebagai generasi penerus bangsa, bisa diandalkan menjadi calon pemimpin di masa depan tanpa mereka memiliki bekal pemahaman ideologi dan falsafah negara yang kuat. Hingga dikhawatirkan bila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, tentunya dapat memberikan ekses yang mengakibatkan lunturnya jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Rencana Dinas Pendidikan Kota Depok yang akan memasukkan Pendidikan Pancasila dalam kurikulum 2013, Rencana ini tentunya patut kita apresiasi dengan baik, semoga dengan kembalinya kurikulum Pendidikan Pancasila dalam salah satu mata pelajaran dibangku sekolah, diharapkan para remaja yang masih berstatus sebagai pelajar ini dapat menghafal dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila.

Supaya tidak lupa dan bisa hafal pancasila, berikut ini dasar negara Republik Indonesia yakni Pancasila :
Banyak Remaja Tidak Hafal Pancasila
Berita Lainnya :