Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Serangan Phising di Dunia Maya

Ketika mau buka akun kompasiana, ada sesuatu yang aneh dan tidak lazim, kenapa tiba-tiba muncul tampilan kompasiana seperti tampilan ketika kita mau login atau register, padahal selama ini, kondisi tersebut tidak pernah terjadi, biasanya ketika web kompasiana dibuka secara otomatis sudah langsung login, karena ketika saya awal login selalu mengklik remember me (ingat saya) dan biasanya klik ini tidak akan saya lakukan bila mempergunakan komputer pihak ketiga.

Lebih aneh lagi tampilan URL nya tidak sesuai dengan URL yang asli, walaupun dindingnya webnya terlihat sama tetapi ketika melihat beberapa keanehan dan sesuatu yang tidak lazim, tanpa pikir panjang dalam pikiran langsung mengatakan, bahwa tampilan web kompasiana didepan komputer saya ini adalah kompasiana palsu. Dalam hati terucap kata, iseng aja nih orang yang telah membuat phising untuk menjebak orang agar bisa diketahui email dan passwordnya.

Tanpa menunggu lama, sebelum melakukan restart ulang, beberapa tampilan URL di kompasiana palsu dicatat agar bisa diketahui perbandingannya dengan URL pada kompasiana yang asli.

Setelah restart ulang, tanpa mengalami kesulitan yang berarti akhirnya tampil juga kompasiana yang asli dan tanpa mesti login atau register. Terbukti URL yang asli dan palsu sangat berbeda, berikut ini URL nya :

Asli = http://www.kompasiana.com/tamanaspirasitumaritis-agussutondo
Palsu = http://www.kompasiana.com/tamanaspirasitumariitis-agussutondo

Tampilan kedua URL ini sepintas terlihat sama, namun bila kita tidak hati-hati sebenarnya ada yang berbeda, pada kata tamanaspirasitumaritis ada penambahan hurup (i) he he he bisa aja tuh orang iseng, cara memancingnya benar-benar pintar.

Tak lama kemudian setelah memperhatikan perbedaan ini dan baru beberapa tulisan di dinding kompasiana asli dibaca, tiba-tiba serangan phising datang lagi. Modusnya pun hampir sama, kita disuruh login atau register. Wah ada apa ini ? apakah serangan phising ini terkait dengan beberapa tulisan saya yang hari-hari terakhir ini begitu aktif menulis tentang kondisi jawa barat secara riil. Hingga klimaks dari tulisan tersebut semakin menyambung dengan adanya peristiwa skandal suap yang melibatkan orang nomor satu di Partai Keadilan Sejahtera.

Ah….ini baru dugaan saja, mungkin serangan phising ini dilakukan oleh orang-orang yang iseng. Toh dalam dunia maya hal seperti ini biasa terjadi dan bisa menimpa siapa saja terutama yang kurang hati-hati ketika berselancar didunia maya, Serangan phising ini terjadi bukan hanya pada akun kompasiana saja, akun facebook, email, blog dan web juga bisa dijebol oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, tentunya dengan motivasi yang berbeda.

Setelah mencari kesana-kemari melalui mbah google, terutama tentang cara mengatasi phising, akhirnya ditemukan juga cara yang lebih sederhana dan tidak terlalu ribet untuk mengatasinya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengupdate anti virus dan yang kedua melakukan restart ulang melalui system restore dengan merestart ulang kembali pada tanggal ketika komputer kita tidak mengalami masalah. Alhasil cara sederhana ini ternyata mampu mengatasi serangan phising yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebenarnya apa sih arti phising itu, saya yakin teman-teman blogger pasti sudah banyak yang tahu dengan istilah phising ? tetapi bagi yang belum tahu, Phising ini merupakan plesetan bahasa inggris yang berarti memancing, dalam dunia maya istilah ini diartikan sebagai suatu cara untuk memancing seseorang ke halaman web tertentu, Halaman web ini dibuat sedemikian rupa yang penampilannya mirip dengan web aslinya, lalu ketika korban yang kurang hati-hati tentunya akan sangat mudah terjerat oleh phising ini, biasanya korban terjerat ketika disuruh mengisi username dan password, padahal web yang di isi username dan password tersebut adalah web palsu. Setelah kita memasukan username dan password maka secara otomatisinformasi tersebut akan masuk kedata si pembuat web palsu.

Kunci untuk menghadapi phising ini sebenarnya sangat sederhana, Hati-hati dan selalu waspada serta melakukan tindakan pencegahan adalah cara yang paling tepat agar tidak masuk kedalam perangkap orang-orang yang tidak bertanggungjawab, cara pencegahan awal yang paling sederhana yaitu ketika kita mempergunakan komputer pribadi, jangan lupa selalu mengklik remember me (ingat saya), karena dengan cara ini bisa membuat login secara otomatis sehingga ketika tiba-tiba muncul petunjuk harus login kembali, so pasti bila kita tidak hati-hati maka serangan phising sedang mengincar kita.

Demikian informasi ini disampaikan, semoga teman-teman tidak ada yang mengalami hal yang sama seperti yang saya alami.

Berikut ini tulisan saya tentang Jawa Barat :
Nyanyian Merdu Rani Untuk Presiden PKS
* Presiden PKS dan Aroma Busuk Daging Impor
Kualitas Hidup Masyarakat Jawa Barat Rendah
* Peran DPRD Dalam Pemakzulan Walikota Depok
Dana Bansos Jawa Barat Rawan Kampanye Terselubung