Kamu memang sudah tidak cantik lagi, tapi aku tetap sayang kamu INDONESIAKU

Mantan Hulubalang Istana Merampok Hambalang

Menteri satu ini memang masih muda, dulu sangat digemari oleh kaum ibu-ibu karena senyum dan kumisnya terasa sangat pas dipandang mata. Menteri itu bernama Andi Mallarangeng, Sebelum menjadi Menteri, Andi mallarangeng adalah seorang hulubalang Istana yang kerjanya selalu memberi penjelasan kepada rakyat terkait seputar kegiatan istana Presiden terutama tentang apa saja yang telah dilakukan oleh sang Presiden.

Atas segala kelincahannya ketika menjadi hulubalang Istana serta keberhasilan sang hulubalang yang mampu mengantar kembali sang Presiden untuk kedua kalinya memangku jabatan, akhirnya sang presiden memberi hadiah kepercayaan secara penuh pada hulubalang tersebut untuk menjadi seorang Menteri yang mengurusi kegiatan anak muda dan olahraga.

Penunjukan mantan hulubalang istana ini, tentunya dengan harapan seorang Andi Mallarangeng akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, terutama terkait dengan pembinaan kegiatan olahraga ditanah air agar mampu meningkatkan prestasi olahraga Indonesia serta pembinaan generasi muda anak bangsa yang memang menjadi tugas dari seorang Menteri Pemuda dan olahraga.

Alih-alih ingin meningkatkan prestasi olahraga ternyata bukan prestasi olahraga yang didapat namun yang terjadi justru banyaknya kasus mega korupsi yang melanda Kementerian Olahraga. Mega korupsi ini menjadi indikator bahwa di kementerian olahraga ternyata banyak berbagai agenda tidak terpuji dari pejabat yang bertanggung jawab didalam dunia olahraga.

Kasus suap Wisma Atlit yang melibatkan elite politik dilingkaran kekuasaan menjadi satu catatan buruk tentang anggaran untuk kebutuhan sarana dan prasarana olahraga yang menimbulkan korupsi dan konflik. Lihat saja korupsi dalam proyek SEA Games 2011. di antaranya telah menyeret Nazarudin politisi dari Partai Demokrat dan Putri Indonesia 2001, Angelina Sondakh ke ruang jeruji besi.

Sea games 2011 sudah berlalu dan apa yang sudah diraih dari SEA Games 2011 ? akibat korupsi suap Wisma Atlit, panitia berutang ratusan miliar kepada kontraktor bangunan. Selain kasus suap Wisma Atlit ternyata terungkap juga adanya konspirasi busuk beraroma korupsi terkait terbongkarnya kasus pembangunan Sekolah Olahraga Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Proyek pembangunan Sekolah Olahraga Nasional di Hambalang, Bogor, Jawa Barat akhirnya dihentikan sementara sampai evaluasi terhadap proyek yang ambles itu selesai. KPK juga sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi senilai Rp 1,5 triliun pada proyek Sekolah Olahraga Nasional itu. Hasil terakhir laporan BPK, Negara dirugikan 243 Milyar rupiah, pertanyaannya selanjutnya kalau proyek Hambalang tidak jadi dilanjutkan, berapa besar lagi kerugian Negara ? Konsep yang tidak terencana dengan baik tentunya akan menghamburkan keuangan negara.

Lucunya para penghambur uang tersebut, tidak ada yang merasa bersalah, Lihat saja penampilan Andi Mallarangeng mantan hulubalang istana yang sudah menjadi menteri Pemuda dan Olahraga. seharusnya dalam posisi seperti ini seorang Andi bisa tampil sebagai pemimpin dan pengambil keputusan serta bukannya lepas dari tanggung jawab.

Hal ini terlihat ketika Andi Mallarangeng memberikan kesaksian dalam sidang pengadilan tipikor kasus suap wisma atlet. Andi mengatakan tentang penetapan pemenang yang tidak di ketahui bahkan katanya tidak pernah melihat serta tidak di laporkan oleh sekretaris menpora yang notabene adalah bawahannya seputar surat penetapan pemenang lelang Wisma atlet itu. pengakuan kesaksian yang di katakan oleh seorang menteri selaku pengguna anggaran memang patut di pertanyakan ?

Padahal berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010, pasal 8 ayat 1 huruf a dan f angka 1, menjelaskan bahwa Pengguna Anggaran memiliki tugas dan kewenangan untuk menetapkan Rencana Umum Pengadaan dan menetapkan pemenang pada pelelangan atau penyedia pada penunjukan langsung untuk paket pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/jasa lainya dengan nilai di atas Rp 100.000.000.000,- (seratus miliar rupiah).

Kalau benar memang seorang Andi Mallarangeng sebagai Menteri atau pengguna anggaran tidak mengetahui atau tidak di laporkan tentang sebuah kegiatan pekerjaan Barang dan Jasa Pemerintah dengan nilai yang sebenarnya dia punya kapasitas yang harus di ketahui pelaksanaannya, berarti menteri tersebut tidak punya rasa tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi yang harus di lakukannya. Rasa tanggung jawab ini yang harus di pertanyakan, apalagi ternyata kegiatan tersebut telah menimbulkan masalah dan merugikan keuangan negara.

Belum usai kasus wisma atlet, publik pun dibuat geger dengan kasus hambalang yang lebih heboh dan merugikan keuangan negara ratusan milyar rupiah. Saat ini KPK mendapat desakan sangat kuat dari publik, agar KPK segera menindak lanjuti hasil temuan BPK terkait kasus korupsi pembangunan sekolah olahraga hambalang yang merugikan keuangan Negara 243 milyar rupiah.

KPK diharapkan harus berani mengungkap dugaan keterlibatan mantan hulubalang istana ini apalagi diketahui berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bahwa Andi Mallarangeng disebut-sebut terlibat dalam kasus dugaan korupsi di proyek pembangunan pusat olahraga di hambalang tersebut.

Melihat fakta ini, sungguh sangat ironis, dana anggaran olahraga yang sangat besar yang sudah menghabiskan anggaran triliunan rupiah namun tidak di pergunakan dengan cara yang baik, yang terjadi justru pengelembungan serta korupsi proyek dan berbagai agenda yang tidak terpuji dari para pejabat yang bertanggung di dalam dunia olahraga.

Kita tunggu saja apa yang akan dilakukan oleh KPK, Beranikah KPK mengusut secara tuntas terutama keterlibatan mantan hulubalang istana yang diduga telah merampok hambalang.

Berita Lainnya : 
Dana Olahraga Untuk Prestasi Atau Korupsi
Menteri Satu Ini Memang Pembohong Besar
Menghitung Hari Untuk Andi Mallarangeng
Andi Mallarangeng Ternyata Pengecut
Andi Mallarangeng Pintar Atau Bodoh
Kado Ulang Tahun Andi Mallarangeng
Ramalan Untuk Andi Mallarangeng
Predator Itu Bernama Kemenpora
----------------------------------------------------------------------------------------------------- Terima kasih telah membaca artikel Mantan Hulubalang Istana Merampok Hambalang. Apabila ada pertanyaan dan keluhan silakan menghubungi AGUS SUTONDO melalui kontak di sini 085710090000
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
AGUS SUTONDO MEDIA CENTER
MAS TEMPLATE