Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Loading Blog ini Seperti Pesawat Tempur

Perjuangan melawan bete akhirnya dapat diselesaikan juga, semua berawal dari loading blog Taman Aspirasi Tumaritis yang loadingnya super lama banget. Melihat kondisi ini, tanpa menunggu lama lagi, khawatir para pengunjung kapok untuk mampir karena loadingnya lama banget. maka dengan sedikit kesabaran, saya coba melakukan perbaikan demi perbaikan serta tak lupa bertanya pada beberapa pakar HTML, pakar JavaScript, pakar CSS, pakar SEO dan pakar-pakar yang lain.

Setelah mendapat bekal cukup, mulailah saya melakukan perbaikan demi perbaikan, layaknya seorang dokter yang ingin melakukan operasi bedah. Alhasil perbaikan demi perbaikan yang saya lakukan selama beberapa hari ini, ternyata membuahkan hasil yang cukup memuaskan alias tidak sia-sia. Memang sebelum perbaikan, awalnya saya mencoba mengecek sampai sejauh mana tingkat loading blog dan validasi HTML di dapur blog saya, ternyata memang sangat amburadul.

Maka untuk mengecek loading blog, saya coba lakukan di developers.google.com, diluar dugaan, loading blog Taman Aspirasi Tumaritis mencapai 68%, pantesan berat banget. harap maklum karena saya banyak memasang beberapa widget yang tidak berguna misalkan jam dinding, kalender dan lain sebagainya padahal widget itulah salah satu penyumbang terbesar lolanya blog. kalau dipikir-pikir ngapain sih kita mesti masang jam dan kalender, toh sudah ada didepan komputer masing-masing, orang berkunjung ke blog tentu ingin mencari artikel yang menarik. Begitu juga beberapa gambar foto yang tidak penting mesti kita hapus, karena termasuk penghambat lancarnya loading blog.

Setelah tahu tingkat persentase loading, saya coba mengetes tingkat validasi HTML, langkah validasi ini saya tes di validator.w3.org, alhasil setelah saya tes ternyata tingkat error HTML blog Taman Aspirasi Tumaritis mencapai 245 kategori error, begitu juga setelah saya lihat tampilan JavaScript dan CSS ternyata sama saja yaitu sama-sama berantakan.

Wah kalau tidak segera diperbaiki, bisa gawat nih, bisa-bisa tamu pada kapok untuk mampir lagi !!! soalnya saya sendiri kalau lagi jalan-jalan nengok blog tetangga, bila loadingnya lama banget, nggak pake tanya lagi langsung kabur. Lagi pula siapa sih yang nggak kesel, walaupun informasinya bagus tapi kalau loadingnya bisa mencapai menitan, kagak sanggup deh mendingan kabur he he he.

Oke langsung saja pada topik awal, bagaimana mengatasi loading blog yang super lama alias lola. Setelah tahu tingkat kesalahannya, maka saya mulai mengcompress beberapa file HTML, JavaScript, CSS dan menghapus beberapa widget-widget tak berguna. Lucu ya, kayak bayi yang lagi meriang mesti dikompress segala. Dan bayi yang lagi meriang itu itu akhirnya saya compress melalui Online YUI Compressor khusus untuk kode CSS dan JavaScript, sedangkan untuk HTML di compress di Online HTML Compressor.

Alhasil setelah mengcompress semua file yang ada, diluar dugaan validasi HTML, Saat ini tingkat errornya sudah tidak ada di semua halaman. Terbukti loading blog Taman Aspirasi Tumaritis sekarang sudah mencapai angka fantastis 98% di uji coba melalui PageSpeed Insight milik mbah google.

Setelah tugas perbaikan selesai, Kini masalah loading lama sudah bisa diatasi, bahkan kecepatannya sungguh luar biasa, melesat bagaikan pesawat tempur dengan kecepatan dibawah hanya satu detik. Begitu juga ketika teman-teman membuka artikel demi artikel, ternyata hanya butuh waktu satu detik saja untuk membukanya.

Maaf teman-teman, terkadang loading blog dan penampilan menarik memang tidak pernah bisa saling bergandengan tangan, ketika loading blog Taman Aspirasi Tumaritis sudah mencapai 98%. namun dengan tampilan tanpa foto, dan beberapa widget, hingga terkesan hambar.

Maklum tamu adalah raja, sudah tentu kita sebagai tuan rumah jangan mengecewakan tamu yang ingin berkunjung kerumah kita. ibarat kata, baru ditengok saja beratnya minta ampun apalagi mau membaca artikel-artikel yang lain he he he.

Syukur saat ini masalah loading yang berat dan lama sudah bisa diatasi, tinggal bagaimana kita bisa menghidangkan tulisan-tulisan yang lebih bermakna dan berguna untuk kita semua…….amin. dan yang lebih menggembirakan lagi ternyata sekarang blog Taman Aspirasi Tumaritis sudah mendekati SEO Friendly walaupun baru 85% ketika di ujicoba di situs seo tools he he he

Berita Lainnya :
Cara Buat Foto dan Menampilkan di Pencarian Google
Cara Menghapus Kronologi Atau Timeline Facebook
Pemerintah Kota Depok Akhirnya Kalah
* Dapat 800 Ribu Dari Admin Lintasme
* Curhat Seorang Jomblo