Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Kota Depok Masuk Rangking Dunia

Kota Depok yang berada di propinsi Jawa barat adalah kota yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Ibukota Jakarta. Walaupun baru berdiri menjadi Kotamadya, lepas dari induknya Kabupaten Bogor berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1999 tentang pembentukan Kotamadya Depok dan Cilegon.

Namun dalam perjalanan pengelolaan Pemerintah Daerah, ternyata ada satu program yang cukup baik, yaitu bagaimana menjadikan Kota Depok sebagai Cyber City dan terbukti saat ini hampir 75% warga Kota Depok sudah melek internet dan terkait dengan prestasi ranking dunia selanjutnya bisa dilihat dibawah :

Menarik sekali mencermati perjalanan ranking sebuah web, baik yang berbayar maupun yang gratisan seperti blogspot atau wordpress. Memang kalau bicara rangking sebuah web tak lepas dari nama besar tante alexa atau alexa rank sebagai web yang meranking perjalanan web-web seluruh dunia dibawah bendera alexa.com
Alexa adalah sebuah perusahan web dengan nama Alexa Internet yang mengoperasikan web untuk menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa didirikan oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat pada tahun 1996. Bisa dilihat di www.alexa.com

Bagi pemilik web atau para blogger, nama alexa sudah sangat dikenal. Hampir semua pemilik web atau para blogger sudah tahu dan mengerti apa itu alexa. Karena dalam web Alexa terdapat layanan, dimana user atau pemilik web bisa mengetahui berapa orang yang mengakses web yang mereka punyai, baik dalam durasi harian, bulanan atau tahunan. Semakin banyak orang yang berkunjung ke web, maka dipastikan web yang sering dikunjungi tersebut akan naik traffic-nya dan hal tersebut bisa mempengaruhi tingkatan prestasi (ranking) dari web tersebut. layanan alexa tersebut diberi nama alexa rank.

Alexa akan memberikan info seputar peringkat sebuah website. Peringkat website itu didasarkan pada seberapa besar kunjungan ke sebuah website, semakin banyak pengunjung, semakin ramping peringkat alexanya, karena menurut alexa makin ramai pengunjung sebuah blog / website makin populer pula website/blog tersebut di mata alexa. Istilah kerennya sih traffic pengunjung makin bagus makin ramping pula peringkat alexanya.

Lebih dari itu alexa rank adalah tolak ukur bagi para pemilik web diseluruh dunia, terutama yang berorientasi bisnis, semakin rendah rangking sebuah web maka semakin besar peluang untuk mendapatkan iklan di webnya. Karena para pemasang iklan, umumnya melihat dulu sampai sejauh mana web tersebut mempunyai ranking di dunia maya. Biasanya web yang baru berdiri rangkingnya No Data atau baru mencapai urutan 50 juta keatas dari seluruh web yang ada didunia.

Ranking Alexa Website Pemerintah Kota Depok

Untuk bisa mengetahui rangking suatu web, kita bisa lihat di alexa.com, melalui web itulah kita bisa mengetahui perjalanan rangking para pemilik web, untuk saat ini rangking dunia urutan pertama, kedua dan keempat masih diduduki oleh facebook, google dan yahoo Sedangkan untuk web Indonesia masih didominasi oleh kompasiana,detikcom dan vivanews berikut rinciannya tabelnya :
Ranking Alexa
Bila kita melihat tabel diatas, Pemerintah Kota Depok masuk di urutan rangking dunia ke 394.838 dan ranking Indonesia di urutan Ke 11.361 sedangkan untuk ranking tingkat kota depok di urutan Ke 3, urutan pertama dan kedua dipegang Universitas Indonesia dan Universitas Guna Darma yang memang berlokasi di Kota Depok.

Sedangkan untuk ranking web penulis yaitu di agussutondomediacenter atau yang lebih dikenal dengan blog Taman Aspirasi Tumaritis, walaupun masuk kategori blog gratisan namun ada sedikit yang menyenangkan hati, blog Taman Aspirasi Tumaritis masuk di urutan rangking dunia ke 446.663, ranking Indonesia ke 4918 dan ranking tingkat kota depok ke 5.

Kenapa sih orang harus memaksakan diri agar mempunyai rangking bagus di alexa, apakah hanya sekedar ingin mendapat lirikan dari para pemasang iklan, atau hanya sekedar ingin mengetahui sampai sejauh mana webnya diperhatikan atau dikunjungi oleh para aktifis dunia maya. Memang bagi para pebisnis online, ranking alexa berpengaruh sangat besar dan mempunyai daya tarik tersendiri. ranking alexa dibawah 100 ribu, akan sangat mudah untuk dilirik para investor periklanan karena, semakin rendah ranking alexa maka semakin terlihat bahwa web tersebut banyak pengunjungnya.

Semoga informasi mengenai ranking alexa ini berguna untuk kita semua, khusus untuk blog penulis, walaupun nanti suatu hari kelak ranking alexa Taman Aspirasi Tumaritis berada pada urutan dibawah 100 ribu dan walaupun tidak ada iklan yang masuk tetapi semua itu tidak menjadi masalah toh niatnya memang untuk belajar, belajar dan belajar, seakan ada kepuasan batin bila blognya banyak pengunjungnya, ibarat orang hobby mancing, walaupun tidak dapat ikan yang penting kailnya disentuh, itulah nikmatnya kita berblogger ria di dunia maya.

Berita Lainnya :