Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Kedelai Naik Berdampak Pada Proses Pembuatan Tahu

Namanya kenaikan harga apalagi bila berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat tentunya ada yang merasa dirugikan dan ada yang merasa diuntungkan. Misalkan dampak Kenaikan harga kedelai yang hampir mencapai angka 100%, sudah barang tentu kenaikan harga kedelai ini memukul para pengusaha tahu tempe yang notabene sumber bahan baku utamanya adalah kedelai.

Bukan hanya para pengusaha tahu tempe yang merasa terpukul dengan kenaikan harga kedelai, para konsumen tahu tempe pun terkena imbasnya karena dengan naiknya harga kedelai tentu akan berpengaruh pada proses produksi tahu tempe sehingga mau tidak mau harga tahu tempe dipasaranpun akan ikut-ikutan naik.

Lalu siapakah yang diuntungkan dengan kenaikan harga kedelai, sudah pasti kenaikan harga kedelai akan menguntungkan para petani kedelai, kenaikan ini tentunya akan berdampak positif pada petani kedelai, apalagi selama ini harga kedelai kurang menarik sehingga petani kita tak tertarik untuk menanamnya. Karena petani tidak tertarik menanamnya, produksi kedelai dalam negeri juga ikut menyusut sehingga mau tidak mau dalam rangka memenuhi kebutuhan kedelai dalam negeri, pemerintah terpaksa mengimpor kedelai. Impor kedelai pun dicaci maki habis-habisan karena bagaimana mungkin, tahu dan tempe sebagai makanan khas rakyat Indonesia tetapi kedelainya justru mengimpor dari luar.

Mungkinkah anda ingat bagaimana dulu ketika pesawat TETUKO kebanggaan dan buatan asli bangsa Indonesia tetapi hanya ditukar dengan kedelai, malah dulu sempat ada sindiran plesetan terhadap pesawat TETUKO yang artinya, sing tuku ora teko-teko dan sing teko ora tuku-tuku, kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti, yang beli gak datang-datang dan yang datang gak beli-beli he he he.

Memang sangat ironis, dulu ketika harga kedelai turun drastis dan membuat para petani kedelai menjerit namun tidak ada yang memperdulikannya, tapi ketika harga kedelai naik, masyarakat menjadi sensitif ditambah media massa memberitakannya begitu massif.

Kembali dalam konteks kenaikan harga kedelai, ternyata kenaikan ini berpengaruh terhadap proses pembuatannya, untuk menghemat ongkos produksi berbagai cara dilakukan oleh para pengusaha tahu tempe, gambar dibawah ini adalah salah satu proses pembuatan tahu tempe dalam rangka menghemat ongkos produksi he he he.
Bakso Daging Papua
Berita lainnya :