Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Modus Penipuan Toko Online Palsu

Terima kasih atas kunjungannya, Bila ada pertanyaan tentang modus penipuan di media online bisa dilihat dan Klik : DI SINI - 085710090000

Kembali saya postingkan informasi ini, terkait masih maraknya aksi penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Modus penipuan aksi jual beli barang murah ini dilakukan melalui jaringan Dunia Maya. Praktek penipuan ini dilakukan karena modus penipuan yang selama ini digunakan melalui SMS sudah tidak efektif lagi dijalankan, mengingat masyarakat banyak yang sudah tahu modus melalui SMS ini.

Ada ungkapan maling lebih pintar untuk mensiasati suatu kejahatan, tentu bukan sekedar ungkapan, karena Faktanya kini modus serupa telah mereka lakukan dengan bentuk lain yaitu bisnis online di dunia maya atau toko online yang menjual produk-produk dengan harga murah namun transaksi yang dilakukan tetap menggunakan pola-pola lama yaitu transfer ke bank yang mereka tunjuk melalui nomor rekening yang telah mereka sediakan dan bukti pengiriman mereka posting atau kirimkan ke e-mail atau facebook korban dan selama proses transaksi mereka siap memandu cara-cara transaksi sesuai dengan yang mereka inginkan.

Dengan gaya yang sangat meyakinkan mereka mencoba merayu para calon korbannya bahwa toko mereka dapat di kunjungi secara langsung di pusat pertokoan di Batam. Mengapa para penipu ini mengambil tempat di batam, Karena pulau batam bagi pandangan masyarakat secara umum masih di anggap sebagai pusatnya barang elektronik dengan harga murah, lazim disebut barang BM (Black Market).

Padahal barang Black Market (BM) jika lewat jasa pengiriman sekalipun apabila tidak di sertai surat-surat yang lengkap, tetap tidak bisa melewati pihak Bea Cukai di bandara, maka sudah selayaknya keberadaan semua toko online yang menjual barang elektronik kategori barang Black Market (BM) apalagi dengan memberi harga promo yang sangat murah, 100% saya berani mengatakan bahwa itu bermodus penipuan.

Bahwa segala penjualan HP atau Laptop dengan harga jual yang sangat murah bahkan selisih harganya bisa sampai 1 s/d 2 juta dengan harga normal dipasaran, itu semua adalah modus penipuan, apalagi pihak Bea Cukai dan Pemerintah Kota Batam pernah menyatakan walaupun sudah di kurangi pajaknya, selisih harga barang-barang elektronik tersebut maximal hanya 500 ribu dengan harga normal dipasaran, tidak sampai 1 s/d 2 juta apalagi lebih. Kalaupun para penipu ini mengaku barang-barang tersebut Black Market, artinya barang-barang tersebut ILEGAL dan jika terjadi kerusakan maka akan sulit untuk di claim garansinya, karena barang-barang elektronik tersebut ILEGAL proses masuknya ke Indonesia.

Sudah cukup banyak yang menjadi korban oleh modus penipuan ini, oleh karena itu saya akan mencoba mengungkap sedikit demi sedikit modus penipuan mereka tersebut. diantaranya adalah bagaimana dan pola apa saja yang mereka lakukan, sebab para toko online yang bermodus penipuan ini, mereka hanya dengan bermodalkan hosting dan domain murah atau gratis, mereka mendaftarkan dan membuat toko online mereka dengan mengcopy isi dari situs lain. Hal ini sepertinya di lakukan untuk mempersulit pelacakan dan mengaburkan informasi tentang mereka. Dan ada pula yang menggunakan account Facebook yang telah mereka hack untuk menjerat korbannya.

Karena keterbatasan tempat di halaman ini, maka untuk data-data situs penipuan mereka sebanyak 202 toko Online Palsu, baik di WEB maupun di FACEBOOK bisa lihat disini :

Daftar Toko Online Palsu
Daftar Hitam 95 Nomor Rekening

semua daftar ini saya dapat dari berbagai informasi di beberapa situs yang juga peduli kepada maraknya aksi penipuan melalui internet,


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan mencegah lebih banyak jatuhnya korban yang lainnya akibat ke tidak tahuan dan kurang hati-hati dalam berbelanja online melalui WEB ataupun FACEBOOK, rumus ”Teliti Sebelum Membeli” tetap harus menjadi pegangan utama karena mungkin saja mereka muncul dalam bentuk lain yang serupa tapi tak sama, karena setiap hari selalu saja bertambah korbannya.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat, mari lah kita berbagi bersama dan kita sebarkan info ini kepada teman-teman yang lain, terima kasih sesudahnya atas segala partisipasinya yang positif.