Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Indonesia Turun Peringkat Korupsi

Hampir di setiap negara-negara di dunia, Korupsi tidak pernah berkurang, malah kian merajalela di sebagian negara-negara tersebut. Hasil penelitian Organisasi Pengawas Internasional mengungkapkan sebanyak 72 dari 180 negara tergolong Korup, hanya sedikit negara berhasil dengan susah payah melepaskan diri keluar dari kelompok negara-negara korup. salah satu negara tersebut adalah Indonesia.

Turunnya peringkat Indonesia sebagai Negara Korup tentu banyak menimbulkan tanda tanya karena faktanya sampai hari ini masih banyak terdengar berita di berbagai media baik cetak maupun elektronik tentang terungkapnya banyak kasus korupsi. apa lagi dalam kurun waktu tahun 2008-2010 peringkat korupsi Indonesia meningkat dari 7.98 ( 2008), 8.32 (2009) dan naik menjadi 9.07 (2010) di banding dengan 16 negara Asia Pasifik lainnya

Atas penurunan peringkat prestasi Indonesia sebagai negara Korup No.1 di Asia Pasifik, maka pada saat Konferensi negara-negara Asia Tenggara seorang pejabat atau delegasi dari Filipina menyatakan keheranannya kepada seorang pejabat Indonesia yang menemuinya bersama pejabat-pejabat negara Asean.

Delegasi Filipina : Hai......Pak Pejabat, sepertinya Korupsi di Indonesia hampir menyamai negara kami, tapi kok negara anda bisa keluar dari 16 besar negara-negara terkorup di Asia Pasifik, apakah sudah ada gerakan anti Korupsi besar-besaran di Pemerintahan anda ? Delegasi, Kamboja, Thailand dan Vietnam juga berkata, ya nih.....kita juga terkejut mendengar itu, bagaimana bisa ?

Dengan senyum ramah dan nada ceria sang pejabat Indonesia menjawab, ooh.....mudah saja, semua itu gampang diatur." terus caranya bagaimana kata delegasi Filipina ? Pejabat Indonesia pun kembali menjelaskan, caranyasiapkan uang sepantasnya dan berikan pada para peneliti itu dengan permintaan supaya negara saya diturunkan dari negara 16 besar.

Semua Delegasi yang mendengar penjelasan Pejabat Indonesia tersebut langsung kompak mengatakan, Hebat itu baru namanya Koruptor hebat dan masuk akal, hasil penelitian pun masih bisa di Korupsi.

Jadi pesan yang bisa diambil dari cerita ini adalah tidak ada perubahan yang signifikan dalam hal upaya pemberantasan Korupsi di Indonesia. karena sampai tahun 2011, Indonesia menempati posisi ke empat sebagai Negara Terkorup di Asia.

Berita Lainnya :