Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Walikota Depok Bukan Superman

Memasuki periode kedua masa jabatannya sebagai Walikota Depok Dr.Ir. H.Nur Mahmudi Ismail Msc, Tampil Duet bersama KH.Idris Abdul Somad.MA sebagai Walikota dan Wakil Walikota Depok Periode 2011-2016, Akan kah Kota Depok ke depan bisa membawa perubahan ?

Faktanya Tahun pertama Pemerintahannya, Kota Depok di guncang dengan adanya hasil Survey KPK tentang Predikat terburuk Pelayanan Perizinan khususnya Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP ), IMB dan KTP. Menurut KPK dalam hal Pelayanan Izin dan KTP Pemkot Depok belum Transparan, Sehingga berpotensi menumbuhkan Tindak Pidana Korupsi dan Penyalahgunaan Wewenang maupun Gratifikasi.

Kita sangat menghargai hasil survey KPK dan akan menjadikan survey KPK sebagai bahan introspeksi diri dan evaluasi. Namun setidaknya kita semua tidak memvonis atau menjustifikasi telah terjadi adanya satu tindakan korupsi terkait dengan hasil survey KPK.

Kita perlu Mengklarifikasi bahwa yang dimaksud dengan Definisi Berpotensi adalah baru tahapan bersipat mempunyai potensi atau akan terjadinya potensi, Ibaratnya temuan hasil Survey KPK ini bahasa halusnya memberitahukan kepada Pemerintah Kota Depok agar berhati-hati akan terjadinya Potensi Tindakan Korupsi dan Penyalagunaan wewenang maupun Gratifikasi.

Maka informasi ini seyogjanya dapat menjadi masukan agar ke depannya Pemerintah Kota Depok dapat memberikan Pelayanan Publik yang lebih baik sehingga Masyarakat dapat menikmati Pelayanan Publik dengan sebaik-baiknya tanpa merugikan Masyarakat itu sendiri.

Mengapa Potensi ini bisa terjadi ? tak lepas dari Agenda Reformasi Birokrasi yang dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota yang baru. salah satu Realisasi yang diharapkan dari Program tersebut tentunya akan berdampak positif bagi Birokrasi untuk memberikan Pelayanan Publik yang baik kepada Masyarakat.Namun Faktanya ketika Reformasi Birokrasi sedang berjalan, telah terjadi Perlawanan oleh Oknum-Oknum Birokrasi terhadap Walikota dan Wakil Walikota yang mereka 

anggap dari kalangan Non Birokrat, Alasan yang muncul terjadinya Perlawanan oleh Oknum-Oknum Birokrat tersebut adalah :

1. Tidak Mengenal Budaya Birokrasi.
2. Tidak Bisa Memilih Orang Yang Tepat.
3. Terlalu memaksakan Budaya Kerja swasta.
4. Atau Mungkin Menutup Pintu bagi Aktifitas Yang Selama Ini Sudah Berjalan.

Terlepas dari itu semua bagi seorang Walikota dan Wakil Walikota yang bukan dari Birokrat masuk ke dalam Dunia Birokrat memang seperti masuk ke dalam sebuah Hutan karena Komunitas sudah terbentuk dan dia adalah orang yang tidak mengerti kalau banyak jalan tikus dimana-mana.

Kesendirian ini akan sangat memudahkan bagi bawahannya untuk melakukan Aktifitas yang dia tidak mengerti, dan membuka peluang bagi Oknum-Oknum Birokrat yang nakal, Dampak dari perlawanan ini, Indikasinya dapat terlihat dari hasil Survey KPK.

Lalu apa yang harus dilakukan ? Kita harus menyadari bahwa seorang Walikota dan Wakil Walikota bukan seorang Superman. Program yang disusun tentu dibantu oleh Tim Suksesnya, sehingga Tim Sukses itu harus dipertahankan, Mereka akan menjadi Perpanjang Tangan, Teman diskusi dan Tim yang bisa secara detail melihat apakah laporan dari bawahan memang benar adanya.

Sehingga seorang Walikota dan Wakil Walikota tidak lagi dipermainkan oleh Mafia Oknum-Oknum Birokrasi yang tidak sejalan dengan Kebijakannya, Apalagi jadi Superman disarang Penyamun. Walaupun tidak semua Birokrasi adalah Penyamun. masih banyak Birokrasi-Birokrasi yang bersih dan tentunya hanya Oknum -Oknum Birokrasi Nakal saja yang menjadi Penyamun.

Istilah Superman disarang Penyamun tinggal pilih saja, mau jadi bagian dari penyamun atau perang melawan penyamun, Mana yang lebih kuat ? Karena perlu nyali besar untuk membongkar Oknum-Oknum Birokrat Nakal yang telah menjadi Penyamun yang sudah Kronis. sehingga Potensi terjadinya Tindakan Korupsi dan Penyalagunaan Wewenang maupun Gratifikasi yang dilakukan oleh Oknum-Oknum Birokrat Penyamun tersebut dapat dihindari.

Berita Lainnya :
Walikota Anak Siapa
BCL Dipercaya jadi Camat Wanita
Sikap DPRD Kota Depok Sontoloyo
Oknum Anggota DPRD Kota Depok Keterlaluan
Daftar Sekolah Negeri dan Swasta di Kota Depok
Hasil Pemilu Legislatif di Kota Depok Tahun 2009
Gedoran Depok Revolusi Sosial Dipinggiran Jakarta
Heboh Foto Tidur Bareng Murid SMA Di Kota Depok