Pemasaran Politik dan Pemasaran Digital

Kasus KDRT Paling Banyak Dilakukan PNS

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang ditangani oleh Kementerian Negera Pemberdayaan Perempuan ternyata paling banyak dilakukan oleh pegawai negeri sipil (PNS). Hal itu disampaikan Kepala Bidang Data dan Analisis Kebijakan Tindak Kekerasan Perempuan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan Margareth Robin, ditemui di Jakarta.

Menurut dia, Data KDRT selama 2008 mencapai 54.425 kasus atau naik dari sebelumnya hanya 25.522 kasus. Dari jumlah tersebut, kata dia, pelaku KDRT dilihat dari pekerjaannya terbanyak dilakukan oleh PNS mencapai 35,85 persen, naik dibanding 2007 yang hanya 30,99 persen. Dia mengatakan, tingginya pelaku kasus KDRT oleh PNS, karena pegawai negeri sipil memiliki wadah mulai dari kepala bagian hingga gubernur yang lebih terbuka atau mudah menerima pengaduan secara langsung. "Jalur di pemerintahan lebih fleksibel, sehingga kesadaran untuk mengadukan kasus KDRT lebih tinggi," kata dia.

Kondisi tersebut berbeda bila dibanding dengan institusi lainnya, diantaranya TNI yang hanya 1,89 persen atau naik dari sebelumnya 1,41 persen. Minimnya data KDRT di lingkungan TNI, karena lembaga tersebut sangat sulit ditembus akibat terkendala pada kode etik kesatuan. Sedangkan pada kepolisian kasus KDRT mencapai 5,66 persen naik dari sebelumnya 4,23 persen, swasta 28,3 persen dan lainnya 28,3 persen atau turun drastis dibanding 2007 mencapai 63,38 persen. Maksud kasus lainnya, kata dia, data kekerasan yang masuk bukan hanya KDRT tetapi kekerasan yang juga terjadi di tempat umum.

Sementara itu, banyaknya kasus KDRT dilihat dari wilayahnya, tercatat Jawa Tengah paling tinggi mencapai 15.061 kasus menyusul Jawa Barat mencapai 8.718 kasus. Selanjutnya, Jawa Timur mencapai 6.987, DKI Jakarta, 5.295 dan Kalimantan Timur mencapai 4.119 kasus. "Jumlah tersebut baru yang masuk ke Komnas Perempuan, sisanya saya yakin jauh lebih banyak," kata dia.

Mengenai data pada 2009, kata dia, hingga kini masih dalam proses pendataan, sehingga belum bisa disampaikan. "Namun yang pasti peristiwa KDRT yang mencuat ke permukaan sedang kita tangani," kata dia.

Berita Lainnya :  
Aku Ingin Ibu Kembali
Bila Seorang Ibu Boleh Memilih
Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Modus Penipuan Baru Mencari Istri
Dampak Kekerasan Terhadap Isteri
Pentingnya Kasih Sayang Seorang Ayah
Kisah Percintaan Bung Karno dan Ibu Inggit